3 Cara Investasi & Tipsnya untuk Pemula, Mudah Banget!

cara mudah investasi untuk pemula

Masih ada anggapan bahwa investasi merupakan hal yang sulit dan hanya dapat dilakukan oleh masyarakat kelas menengah. Padahal berkat bantuan teknologi kini cara investasi 100 ribu profit harian semakin mudah dan beragam.

Mindset “Daripada investasi, mending uangnya dipakai untuk beli makanan enak dan jalan-jalan.” harusnya sih udah gak relevan ya gengs.

Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, hal terbaik yang dapat kita lakukan yaitu mempersiapkannya dari segi finansial.

Nah, investasi merupakan salah satu cara dari rangkaian upaya mencapai kebebasan finansial demi terjaminnya masa depan. Simak cara investasi terbaik untuk pemula berikut ini ya!

1. Tentukan Tujuan Investasi

Hal ini berguna sebagai acuan atau goals kamu dalam berinvestasi, selain bikin kamu jadi makin semangat, tujuan akan memudahkanmu mengatur strategi investasi terbaik.

Berikut contoh tujuan investasi yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Sebagai dana pensiun.
  • SUntuk membeli rumah impian di masa depan.
  • Sebagai passive income.
  • Untuk mencapai fase kebebasan finansial sebelum berusia 40 tahun.
  • Untuk mempertahankan kekayaan agar tidak tergerus inflasi.

2. Hentikan Gaya Hidup Tinggi

Mulai membeli barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Kamu akan baik-baik saja meski tidak mengikuti trend tertentu. Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilanmu.

3. Atur Pengeluaran

Buat budget sendiri untuk hiburan. Pastikan tidak mencapai 50% dari total penghasilanmu. Kamu juga dapat melakukan perencanaan keuangan.

Atur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari dan dana darurat. Kamu bisa menghemat dengan membawa bekal makanan dari rumah, dan menyeduh kopi sendiri di rumah. Alokasikan dana untuk investasi dan menabung di awal.

4. Utang Piutang Pribadi

Jika kamu memiliki utang, coba perhatikan berapa banyak utang yang kamu miliki dan perhatikan berapa persen utang tersebut dari total kekayaan yang kamu miliki. Apabila utang tersebut sudah lebih dari 30% total kekayaan, ada baiknya kamu lunasi dulu utangmu.

Mengapa ini penting? Dalam berinvestasi ada saatnya modal yang kamu setorkan tidak dapat dicairkan karena perlu waktu, atau kamu akan mengalami kerugian.

Bila utang dan tagihan terus membengkan bersama bunganya tentu akan membuatmu kesulitan melunasinya. Hal ini akan membahayakan keuanganmu sendiri.

5. Alokasi Dana

Alokasikan pendapatanmu untuk berinvestasi berapapun jumlahnya. Paling tidak 10% dari total pendapatanmu. Pilih instrumen investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah yang sesuai dengan profil risiko. Gunakan platform investasi yang telah terdaftar di OJK.

Seringkali investor pemula tergiur dengan return yang tinggi, nah yang harus diperhatikan yaitu tingginya return selalu berbanding lurus dengan risikonya.

Instrumen Investasi untuk Pemula

Berikut instrumen atau produk investasi yang cocok untuk pemula, di antaranya yaitu:

1. Investasi Reksadana

Investasi reksadana cocok bagi pemula karena adanya manajemen investasi yang telah memilihkan efek sesuai dengan risikonya, sehingga kamu tidak memakan waktu lama dalam menentukan sebuah efek yang ingin dibeli. Selain itu harganya juga ramah di kantong, yaitu mulai dari Rp 100.000.

Reksadana sendiri memiliki bergama jenis, yaitu:

  • Reksadana Saham
  • Reksadana Pendapatan Tetap
  • Reksadana Campuran
  • Reksadana Pasar Uang

2. Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang cukup mudah dan diminati masyarakat. Terdapat dua cara yang dapat kamu lakukan dalam berinvestasi emas. Yaitu investasi emas secara fisik dan investasi emas online.

3. Investasi Saham

Salah satu cara berinvestasi saham yaitu melalui platform investasi berbasis securities crowdfunding. Salah satu platform securities crowdfunding di Indonesia yaitu Amartha.

Selain itu harga yang ditawarka ramah di kantong dengan beragam instrumen investasi seperti saham, saham syariah, sukuk, obligasi dan obligasi konversi. Nah, itulah cara investasi beserta tipnya untuk para pemula. Apakah kamu mulai tertarik untuk berinvestasi? Instrumen apa yang akan kamu pilih?

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, Amartha berkomitmen untuk mendukung iklim ekonomi Indonesia yang baik, menjadi alternatif pembiayaan untuk mendukung UMKM naik kelas, dan solusi pintar untuk berinvestasi.

Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Manfaat Labu Siam, dari Menurunkan Darah Tinggi Sampai Cegah Kanker